Blog ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kemauan siswa untuk menulis dan membaca. Percayalah.. “Nothing impossible to do” Tidak ada hal yang mustahil untuk dikerjakan ketika kita mau berusaha. Pikiran positif akan mendorong kita untuk berusaha lebih keras daripada yang kita pikirkan.

Saturday, November 22, 2008

Mental Strugle


Action & Wisdom Motivation Training

Dalam dunia bisnis yang makin kompetitif, sebuah perusahaan pasti tidak terlepas dari enam hal berikut ini. Keenam hal ini bisa jadi merupakan tren industri ke depan:

Pertama, produk. Semua perusahaan akan selalu berlomba-lomba membuat inovasi supaya bisa menciptakan produk-produk baru yang lebih unik, memiliki keunggulan komparatif dibanding produk yang sudah ada, mempunyai kualitas lebih bagus, dan disukai atau dibutuhkan konsumen. Ini terjadi terutama pada mass product yang diproduksi dalam jumlah besar.

Kedua, price (harga). Semua perusahaan akan berusaha memformulasikan harga produk yang menarik perhatian konsumen, sehingga produk yang dikeluarkan memiliki daya saing yang tinggi dari sisi harga.

Ketiga, delivery atau penyampaian produk ke konsumen. Semua perusahaan akan berlomba-lomba supaya dapat menghantarkan produk ke konsumen dengan cara secepat-cepatnya serta dengan biaya yang seefisien mungkin.

Keempat, place atau lokasi yang dijangkau. Ini berarti semua perusahaan juga berlomba-lomba supaya produknya dapat meng-cover wilayah seluas mungkin. Sebab dengan cara demikian maka ketersediaan produk di berbagai tempat memungkinkan peluang semakin banyaknya produk yang terserap oleh pasar.

Kelima, promotion. Semua perusahaan beradu strategi untuk menciptakan program-program promosi yang mengena di hati target pasar serta berusaha menjangkau audience seluas mungkin.

Keenam, services (pelayanan). Di mana semua perusahaan akan berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin supaya mampu menciptakan loyal customer.

Pada setiap aspek di atas, setiap perusahaan tidak akan terlepas dari pemantauan bahkan penyelidikan oleh kompetitor. Kita telah memasuki era teknologi informasi sekarang ini, sehingga tidak satu pun aspek akan luput dari pemantauan pihak kompetitor. Sebab, kecanggihan teknologi informasi telah menyediakan sarana untuk melakukan hal-hal tersebut. Kekuatan, kelemahan, dan setiap gerak sebuah perusahaan akan selalu diawasi. Inilah medan peperangan bisnis modern.

Bisnis modern saat ini tak ubahnya sebuah peperangan, di mana adu strategi menjadi kunci kemenangan. Siapa mengabaikan lawan, dia bisa kurang waspada, tidak bersiap menghadapi kompetisi, dan kelengahan itu akan dimanfaatkan kompetitor untuk memukul pertahanannya.

Oleh sebab itu, di lapangan, setiap pelaku bisnis membutuhkan mental strugle yang kuat seperti baja, demi memenangkan persaingan. Mental strugle adalah mental para pejuang sejati yang pantang menyerah sebelum tujuan tercapai. Mental strugle itu memiliki energi yang luar biasa, tahan terhadap gempuran strategi lawan, dan selalu berbuat untuk memastikan kemenangan dalam setiap pertempuran.

Demikian dari saya Andrie Wongso
Action and Wisdom Motivation Training
Success is My Right!
Salam Sukses Luar Biasa!
www.andriewongso.com

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home